Membuat NPWP Ternyata Mudah

Adanya kewajiban setiap karyawan untuk memiliki NPWP memaksa saya untuk melakukan pendaftaran NPWP, sebenarnya punya atau tidak punya NPWP, sebagai karyawan tetap bisa dibilang pembayar pajak yang taat, karena setiap bulan toh gaji sudah dipotong pajak, jadi punya atau tidak punya NPWP bayar pajaknya tetap sama. Masalahnya adalah tidak semua perusahaan melaporkan pajak sebagaimana mestinya, maka diwajibkanlah setiap karyawan untuk memiliki NPWP, supaya bisa dijadikan cross check apakah perusahan tempat karyawan bekerja sudah membayar pajak sesuai dengan ketentuan atau tidak.

Sebenarnya saya malas jika berhubungan dengan birokrasi pemerintah, pengalaman menjengkelkan ketika mengurus KTP membuat saya ogah-ogahan untuk berangkat, tapi yaa gimana lagi karena klo tidak punya NPWP pemerintah akan menarik pajak lebih besar lagi :( , akhirnya saya berangkat juga untuk membuat NPWP bahkan sampai saya bela-belain cuti.

Sampai dikantor pajak saya tanya ke receptionist tempat untuk mengurus pendaftaran NPWP akhirnya saya diminta untuk duduk dan menunggu sebentar, tak lama kemudian datanglah petugas dengan membawa formulir untuk diisi, formulir diisi dengan didampingi petugas kemudian melampirkan fotokopi KTP dan KSK (sebelumnya saya sudah menyiapkannya), setelah selesai mengisi formulir petugas mengatakan untuk menunggu maksimal 30 menit, ternyata janji itu ditepati, belum sampai 30 menit petugas sudah kembali lagi dengan membawa kartu NPWP.

Mmmm…. mudah juga, sama sekali nggak ada keruwetan. Jadi janji kemudahan mengurus NPWP seperti yang diiklankan adalah BENAR adanya. Andai saja semua birokrasi pemerintah seperti ini.

Oke pujiannya sampai disini saja :), sekarang kritikannya. Sebenarnya saya pribadi membayar pajak tidak ada masalah, teman-teman yang lain juga ada yang mengutarakan hal seperti itu, permasalahannya adalah kalau pajak yang sudah dibayarkan ternyata dikorupsi :( , ouugghhh itu menjengkelkan sekali, akhir-akhir ini kita disugihi betapa korupsi pejabat negara sudah mencapai angka 10 digit, andai saja uang sebanyak itu dipergunakan untuk menyekolahkan anak-anak tidak mampu tentu akan lebih bermanfaat, tapi setidaknya sudah ada usaha untuk mengarah kekeadaan yang lebih baik. Teruskan kerjamu KPK !!.

Oke, berhubung saya tidak bisa melakukan pemberantasan korupsi maka saya melakukan apa yang saya mampu dulu yaitu membuat NPWP :) . Oh yaa ada informasi menarik yang disampaikan petugas pajak kemaren, ternyata untuk mengurus NPWP tidak harus datang kekantor pajak, bisa dilakukan secara online untuk mendapatkan nomor NPWP sementara (aku lupa istilahnya, tapi seputar nomor sementara), kemudian semua berkas yang diperlukan dikirim melalui pos ke kantor pajak sesuai dengan KTP. Kantor pajak akan membalas via pos juga dan mengirimkan NPWP yang sudah jadi, jadi nggak perlu sampai cuti segala :p, oke itu informasi yang saya dapat kemaren. Mau mencoba ? :) .