Membuat Daftar Isi dengan Microsoft Word

in Software

Sebenarnya ini tema yang sederhana, bahkan mungkin terlalu sederhana, tetapi ’banyak’ yang tidak tahu (atau setidaknya istri saya tidak tahu :D, sstttt jangan bilang2 :D). Seringkali daftar isi dibuat dengan cara manual mengetik semua judul bab dan sub bab yang ada kemudian mengetikkan nomor halamannya, jika suatu saat terjadi revisi pada dokumen tersebut dan halaman judul bab atau sub bab berubah maka berubahlah semua daftar isi yang ada dan harus diketik manual lagi untuk memperbaiki informasi halaman yang ada, padahal dokumen tersebut diketik menggunakan MS Word, pengolah kata paling tersohor dimuka bumi :D.

Untuk membuat daftar isi dengan MS Word yang harus dilakukan pertama kali adalah menyusun rencana seperti apa dokumen yang akan dibuat dengan menggunakan style and formatting (S&F), ada beberapa S&F yang telah tersedia di MS Word seperti Title, Heading 1, Heading 2 dan Heading 3, dengan bermodalkan S&F yang telah tersedia sebuah daftar isi bisa dibuat dengan cepat. Perlu diperhatikan bahwa daftar isi tidak akan bisa dibuat dengan baik apabila S&F tidak dipergunakan dengan baik dalam dokumen, jadi S&F harus direncanakan dan digunakan dari awal.

Oke, kita mulai, kita akan menggunakan S&F yang sudah ada yaitu title, heading 1 dan heading 2 . S&F di MS Word 2003 bisa ditemukan dimenu Format – Style and Formatting maka akan muncul daftar S&F yang ada pada layar sebelah kanan.

style_and_formatting

Misal dokumen yang akan kita buat mempunyai struktur seperti ini :

Title 1

H1.1

H1.2

H1.3

Title 2

H2.1

H2.1.1

H2.1.2

H2.1.3

H2.2

H2.1.1

H2.1.2

H2.1.3

H2.1.4

H2.1.5

H2.1.6

Title 3

H3.1

H3.2

H3.3

Untuk membuat judul cukup ketikkan judul kemudian blok judul tersebut kemudian klik title pada menu S&F yang ada dilayar sebelah kanan, maka otomatis judul yang kita buat berubah menjadi rata tengah, ukuran font berubah dan menjadi tebal.

Untuk sub bab bisa dilakukan dengan cara yang sama, ketik sub babnya kemudian blok sub bab tersebut kemudian klik heading 1, maka sub bab akan berubah ukuran fontnya dan menjadi tebal. Lakukan hal yang sama untuk sub bab yang lainnya. Jika ada sub bab pada level yang lebih dalam bisa menggunakan heading 2 atau heading 3.

Oke, sampai sejauh ini kita sudah menggunakan S&F dengan baik, untuk melakukan preview seperti apa tampilan daftar isi nantinya bisa dilakukan dengan menampilkan menu document map, klik View – Document Map, maka akan terlihat struktur dokumen yang telah dibuat dilayar sebelah kiri.

document_map

Oke, sekarang bagaimana membuat daftar isinya?

Untuk membuat daftar isi cukup klik menu Insert – Reference – Index and Tables, pilih tab table of contents kemudian klik ok ^_^, dan jadilah daftar isi ;), mudahkan membuat daftar isi :).

table_of_content_01

table_of_content_02

Next post: